LEADERSHIP

Pemimpin yang paling jelek adalah pemimpin yang malu dikeritik oleh bawahannya, disamping itu dalam mengambil keputusan selalu mau menang sendiri alias otoriter, ada lagi yaitu pemimpin yang omongannya seperti teka teki bin sulit dipahami oleh bawahannya...

Minggu, 04 September 2011

RPP Bahasa Inggris Kelas 9 semester 1 TP 2011/2012

Posted by SIMPLE ENGLISH COURSE 17.34, under | 2 comments

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) NO.1

Sekolah                   :   SMP NEGERI 4 JEROWARU
Mata Pelajaran         :   Bahasa Inggris
Kelas/Semester        :   IX / 1
Alokasi waktu         :   2 x 40 menit

STANDAR KOMPETENSI:
1.      Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

KOMPETENSI DASAR:
1.1 merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan.

I.         TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1.      Mengidentifikasi ungkapan meminta dan memberi kepastian
2.      Merespon ungkapan meminta dan memberi kepastian
3.      Mengidentifikasi ungkapan mengungkakpkan dan menanggapi keraguan
4.      Merespon ungkapan mengungkapkan dan menanggapi keraguan

v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

II.      MATERI PEMBELAJARAN
a.       Teks Transaksional /interpersonal yang menggunakan ungkapan meminta dan memberi kepastian
Rudi    :  Do you think we’ll come to the top of the mount soon?
Azis    :  I think so. I’m sure. We are going to have marvelous time there.
Rudi    :  How can you be so sure?
Azis    :  Look! It’s sunny today. I doubt if it will rain again.
              Do you mind if we walk more quickly?
Rudi    : O.K. No problem
b.      Teks transaksional /interpersonal yang menggunakan ungkapan mengungkapkan dan menanggapi keraguan
Imas    :  I’m going to buy some books at Yogya Department Store tomorrow.
   Can you join me?
            Rika     :  Well … I can’t decide whether to join or not
            Imas     :  Why? Wouldn’t  you like to go with me
            Rika     :  No. It’s just err… I’m not sure if I have time tomorrow. I’m sorry.
            Imas     :  Never mind, then
            Rika     :  Thanks
            Expression to ask if someone is sure about something
Ø Are you sure /certain  (that) …?
Ø Are you sure/certain about…?
Ø Really?
Ø Forgive me, but are you really sure /certain about …?
Ø Perhaps I misunderstood, but are you quite sure…?
            Expressing certainty
ü I’m quite sure
ü Yes, of course
ü I’m sure/certain (that) …
ü Certainly. Yes
ü Yes. It’s confirmed
            Expressing Doubts
v Well…
v I doubt it.
v I’m not sure/certain (that)…
v I’m not sure/certain about …
c.       Kosakata yang terkait tema /jenis teks misalnya : volcano, earthquake, landslide, erupt, national park, conserve, wildlife, keep, cut down, etc.

III.   METODA PEMBELAJARAN
Three Phase Technique

IV.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE …
a.      Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
1.      Do’a (Iman dan Taqwa)
2.      Salam dan tegur sapa (Santun dan peduli)
3.      Guru mengabsen siswa (Empati)
4.      Menyampaikan cakupan materi dan sistem penilaian
5.      Tanya jawab tentang mat yang akan dibahasri yang akan di bahas (Berani)
6.      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
Motivasi :
1.      Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2.    Memberikan motivasi dengan cara bertanya jawab tentang current issues
3.    Menyanyikan lagu “Good Morning” yang  digubah sendiri (Produktif  dan estetis)
     Lagu : (Mengambil lagu “Happy Birthday”)
                     Good morning to you
                     Good morning to you
                     Good morning everybody
                     Good morning to you

b.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Mencocokkan karakteristik seseorang dalam gambar dengan penjelasan dalam rekaman
F  Menggambar wajah pelaku kejahatan sesuai penjelasan dalam rekaman
F  Menggambar seseoang sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh siswa lain
F  Melengkapi dialog rumpang
F  Menentukan pemilik benda-benda yang terdapat dalam gambar
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
F  Membantu menyelesaikan masalah;
F  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
F  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
F  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c.       Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

V.       SUMBER BELAJAR
1.      LKS Bahasa Inggris, Quadra Mitra Melati, Majalengka, 2007
2.      Let’s  Talk, Pakar Raya, Bandung, 2005
3.      Buku teks lain yang relevan
4.      Kaset yang berisi percakapan

VI.    TUGAS TERSTRUKTUR/TUGAS MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR

VII. PENILAIAN
Pertemuan Ke …

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Contoh Instrumen
1. Mengidentifkasi ungkapan menerima dan memberi kepastian  dan ungkapan menggunakan keraguan
Tes lisan
Daftar pertanyaan

2. Merespon ungkapan meminta dan memberi kepastian dan ungkapan mengungkapkan keraguan
Tes tulis
Merespon pertanyaan/pernyataan





Instrument
1.      Mention the expression of certainty or uncertainty in the dialogue
2.      Listen to the expression and give your response orally!
1.      Are you sure that Indonesia has a lot of forest?
­­­­­­­­­­­­­­­­­­­_______________________________________________________________
2.      Are you really certain that there are still many rhinos in Ujung Kulon National Park?
_______________________________________________________________
3.      I think earthquake is not so dangerous for people.
_______________________________________________________________
4.      Is there any doubt in your mind about the importance of wildlife reserve?
_______________________________________________________________
5.      Are you certain that Ciremai mountain doesn’t belong to a volcano?
_______________________________________________________________

a.       Rubrik Penilaian:
Isi benar, tata bahasa benar
2
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
1
Isi dan tata bahasa tidak tepat
0

b.      Kunci Jawaban:
1.      I’m sure. (Expression of Certainty)
2.      I’m really certain .(Expression of Certainty)
3.      I doubt that. (Expression of Uncertainty)
4.      No. I’m absolutesure. (Expression of Certainty)
5.      I’m not certain. (Expression of Uncertainty)

c.       Pedoman Penilaian:
Untuk tiap jawaban yang benar skornya 2
Skor maksimal 5 x 2 = 10
Nilai maksimal 10

d.      Nilai Akhir:
Nilai akhir = Skor yang diperoleh x 10
                   Skor maksimal

Pedoman Penilaian Kepribadian
Nama  Siswa
Dipercaya
Peduli
Tekun
Tanggungjawab
Berani
a
b
c
d
e
e
e
e
e
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
E
e
a
b
c
d
1. .........

























2. .........

























3. .........

























4. .........

























5. .........

























Keterangan :
                     a = sangat baik
                     b = baik
                     c = cukup baik
                     d = kurang baik
                     e = sangat kurang




Mengetahui
Kepala Sekolah




AHMAD TURMUZI, S.Pd.
NIP. 19710712 199512 1 003
Jerowaru, 11 Juli 2011
Guru Mata pelajaran





­­­­­­­­­­­­­­­­­SAHMAN, S.Pd.
           NIP. 19731231 200801 1 085


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) NO. 2



SMP/MTs                     : SMP Negeri 4 JEROWARU
Kelas/Semester                        : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi     : 1. Memahami makna   dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar       : 1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman
Jenis teks                     : Transactional / Interpersonal
Tema                           : Have A Nice Day!
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.     Merespon ungkapan meminta pengulangan
b.    Merespon ungkapan menunjukan perhatian
c.     Merespon ungkapan menyatakan kegaguman
Karakter siswa yang diharapkan :         percaya diri ( confidance )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )

2.      Materi Pembelajaran
a.       Asking someone to repeat his/her words.
·      I beg your pardon?
·      Pardon me?
·      I’m sorry.  I didn’t hear you.
b.      Giving news to other people
1.   Listen to this.
2.   Guess what!
3.   I’ve got something to tell you.
c.       Expressing of admiration
·      What a beautiful scenery!
·      How beautiful she is!
·      What an honest girl!

3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique

4.      Langkah-langkah Kegiatan
a.  Kegiatan Pendahuluan
    Apersepsi :
1.      Do’a (Iman dan Taqwa)
2.      Salam dan tegur sapa (Santun dan peduli)
3.      Guru mengabsen siswa (Empati)
4.      Menyampaikan cakupan materi dan sistem penilaian
5.      Tanya jawab tentang materi yang akan dibahas (Berani)
6.      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
Motivasi :
1.      Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2.    Memberikan motivasi dengan cara bertanya jawab tentang current issues
3.    Brainstorming materi terkait,  Menyanyikan lagu “I am sorry my friends” yang  digubah
       sendiri   (Produktif  dan estetis)
     Lagu : (Mengambil lagu “Happy Birthday”)
                    
b.  Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
b.      Melengkapi dialog rumpang
c.       Memilih jawaban yang tepat berdasarkan informasi dalam interview dengan Mr. Boardman
d.      Menjawab berbagai pertanyaan dalam interview tersebut
e.       Menjawab pertanyaan sesuai dengan informasi dalam dialog
f.        Menjawab pertanyaan yang berhubunga dengan rekaman comic strip
g.       Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
h.      Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
i.        Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
j.        Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.      Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.      Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.      Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.      Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.      Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.      Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
7.      Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
8.      Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
9.      Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
c.       Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
d.      Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
e.       Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
f.       Membantu menyelesaikan masalah;
g.       Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
h.      Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
i.        Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
j.        Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
k.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c.       Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.    Buku teks yang relevan :
MGMP Bahasa Inggris. LKS Bahasa Inggris. 2008. Majalengka: Gani Utari,CV.
Nina Bates. 2007.  Real Time 3, Jakarta:Penerbit Erlangga.
Kusmana dkk. 2005. Reach English Competency 3. Bandung: Rosda
Bima, Bachtiar dkk.  2005.  Let’s Talk Grade IX for Junior High School. Bandung: Pakar Raya.
b.    Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.    Gambar-gambar yang relevan


6.      Penilaian
Indikator
Teknik
Bentuk
Instrumen
·   Merespon ungkapan meminta pengulangan










·   Merespon ungkapan menunjukan perhatian



·   Merespon ungkapan menyatakan kegaguman

Tes lisan











Tes lisan




Tes lisan
Menjawab pertanyaan










Menjawab pertanyaan



Menjawab pertanyaan




A : What is your favourite program on TV?
B : …
A : What is your favourite program on TV?
B : Oh, I like music.
A : How many hours do you watch tv a day?
B : …
A :  How long do you watch tv a day?
B : I see.  More than three hours a day.

Make short dialogue with appropriate expression to show your attention.
Rina failed her examination.  Her failuire makes her sad.



Ø  Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 5
2. Jumlah skor maksimal 5 x 2 = 10
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa = 10
Uraian
Skor
Jawaban benar dengan kalimat sempurna
Jawaban benar dengan kalimat kurang sempurna
Jawaban salah dengan kalimat sempurna
Jawaban salah dengan kalimat kurang sempurna
Jawaban salah

5
4
3
2
1


Ø  Rubrik Penilaian
Pedoman Penilaian Kepribadian
Nama  Siswa
Confidance 
Peduli
Tekun
Tanggungjawab
Berani
a
b
c
d
e
e
e
e
e
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
e
a
b
c
d
1. .........

























2. .........

























3. .........

























4. .........

























5. .........

























Keterangan :
a = sangat baik
b = baik
c = cukup baik
d = kurang baik
e = sangat kurang



Mengetahui
Kepala Sekolah




AHMAD TURMUZI, S.Pd.
NIP. 19710712 199512 1 003
Jerowaru, 11 Juli 2011
Guru Mata pelajaran





­­­­­­­­­­­­­­­­­SAHMAN, S.Pd.
           NIP. 19731231 200801 1 085
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP NO.3


Sekolah                             :  SMP Negeri 4 JEROWARU
Mata Pelajaran                :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester                 :  IX/1
Jenis Teks                         :   Fungsional
Aspek/Skill                        :   Mendengarkan
Alokasi Waktu                 :   4 x 40 menit
Standar Kompetensi         :  2.  Memahami makna dalam     teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari.
Kompetensi Dasar            :  2. 1  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
a.       menemukan informasi tertentu dari teks fungsional pendek dengan cara menjawab pertanyaan;
b.      menemukan informasi rinci dari teks fungsional pendek dengan cara menjawab pertanyaan;
c.       menemukan makna kata yang terdapat dalam teks fungsional pendek dengan merujuk pada kata ganti tertentu;
Karakter siswa yang diharapkan :         Jujur ( Trust)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Berani ( courage )

2.      Materi Pembelajaran
a.       Gambar sebuah SMS
Questions based on the picture
1.       What picture is it?
2.       Where do we find such kind of text?
3.       What do you think the sender write the text for?
4.       What does it usually contain?
5.       Does it have the same form and function as a letter?
b.   Listening Script
We hope you have  a wonderful time in Brisbane. Send us a postcard when you arrive. We’ll look forward to seeing you when you come back next June.

                                    Pat  and   Tom
 
I’d like to congratulate you on your success in the singing contest. I know you didn’t get it by chance. You always try to do your best. You deserve to get the fame. You are the best  friend I have ever had.
                                               
                                                Mahendra

                                       
                                                                Sue
 
     1.                                                                2.





Good luck
With your English exam. Thanks for the letter. I was sorry to hear that you were ill.

                                    Best Wishes
                                                Louise
 
We are all thinking about you at the office and we hope that you can come back to work soon.

Steven          Isabel             Nadia
            Peter    Harris
 
            3.                                                               4.





I’m sorry to hear that your father has passed away. It will be a great loss for you. I know how you feel,  but cheer up! You mustn’t let it get you down. It’s not the end of the world.

                                                Sofie
 
 

                                             5.
   



c.   Questions
Text 1
1.   Who sends the message?
2.   What do the writers hope?
3.   Where are the receiver of the message now?
4.   What do they hope for the receiver?
Text 2
1.      In what contes does the receiver get the success?
2.      What does the writer want to do through his message?
3.      Why does  the receiver deserve the fame?
Text 3
1.      Who are the writers thinking about?
2.      What occasion do you think the writer is in?
Task 4
1.      What did the writer thank the receiver for?
2.      The writer got the … news from the writer before she sent the message.
Text 5
1.      What happened to the receiver of the message?
2.      Can the writer feel what the receiver is feeling at the time?
3.      What does she advise him/her to do?
  1. When do people send greeting cards? What messages do they choose? Match the messages below with the occasions. (Some messages can be used more than once.)
1.  Congratulations                                  a.  any time
2.  Best wishes                                        b.  someone has died
3.  Happy…                                            c.  someone is going on a trip
4.  Good luck                                          d.  a birthday / anniversary/ new year
5.  Season’s greetings                              e. Christmas / Easter
6.  Bon voyage                                       f.  someone has got a new jhob.
7.  Get well soon                                     g.  someone has passed an exam
8.  With sympathy                                  h.  someone is getting married
                                                               i.  someone is ill
f.    Choose one of these situations below. Write a short message and say it in front of the class.
1.  Next wek is your friend’s birthday. She is living in Spain at the moment but she is coming home for a visit next month.
2.  A friend help you a lot recently when you were ill. You want to send him/her a small present.
3.   You have just come from  a holiday in Japan. You want to send acard to the family you stayed with.

3.    Metode/Teknik Pembelajaran
Three-phase Technique

4.      Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
a.   Kegiatan Pendahuluan
1.      Do’a (Iman dan Taqwa)
2.      Salam dan tegur sapa (Santun dan peduli)
3.      Guru mengabsen siswa (Empati)
Apersepsi :
·         Menyebutkan hal-hal yang berhubungan dengan belanja
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

b.      Kegiatan  Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1)      Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
2)      Melihat apa saja barang yang terdapat dalam pesan singkat
3)      Berdiskusi dengan siswa lain tentang isi pesan tersebut
4)      Menentukan kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi
5)      Mendengarkan kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi dari guru
6)      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
7)      Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
8)      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
9)      Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.          Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b.         Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.          Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
d.         Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.          Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.          Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
g.          Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
h.         Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
i.           Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
c.          Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
d.         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
e.          Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
f.          Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
g.          Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
h.         Membantu menyelesaikan masalah;
i.           Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
j.           Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
k.         Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
l.           Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
m.       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
n.      Kegiatan Penutup
1)      Refleksi (melihat kekurangan dan kelebihan, jujur)
2)      Menyimpulkan materi pembelajaran
3)      Menugaskan siswa untuk menentukan langkah retorika sebuah pesan singkat.
Pertemuan Kedua
a.       Kegiatan Pendahuluan
1.         Do’a (Iman dan Taqwa)
2.         Salam dan tegur sapa (Santun dan peduli)
3.         Guru mengabsen siswa (Empati)
Apersepsi :
·         Menyebutkan isi pesan sms
·         Bertanya jawab tentang isi pesan
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

b.      Kegiatan  Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.          Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
b.         Membaca ‘The Mysterious Hut’
c.          Menulis nama-nama orang yang megungkapkan pernyataan dalam cerita akhir ‘The Mysterious Hut’
d.         Membaca bacaan ‘Gilwell Park’
e.          Melengkapi teks bacaan tersebut dengan berdasarkan rekaman dialog
f.          Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
g.          Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
h.         Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
i.           Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.         Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.         Melihat gambar yang mengilustrasikan tentang pembuatan coklat
3.         Membaca kalimat yang tersusun acak
4.         Menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah paragraph dengan mengacu pada rekaman monolog tentang pembuatan coklat
5.         Melengkapi teks bacaan ‘How they make chewing gum’
6.         Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
7.         Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
8.         Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
9.         Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
10.     Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
11.     Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
12.     Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
13.     Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.             Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b.            Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
c.             Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
d.            Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
e.             Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
f.             Membantu menyelesaikan masalah;
g.             Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
h.            Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
i.              Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
j.              Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
k.            Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
c.       Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber Belajar
a.       LKS Bahasa Inggris, Quadra Mitra melati, Majalengka, 2007
b.      Let’s Talk, Pakar Raya, Bandung, 2005
c.       English on Sky 3, Erlangga, Jakarta, 2004
d.      Buku teks lain yang relevan
e.       CD berisi rekaman pesan singkat

6.      Tugas Terstruktur

7.      Penilaian
a.       Indikator    :  -  Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek berupa pesan  singkat.
-  Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek    berupa
   pesan singkat.
b.      Teknik       : tes lisan/tertulis dan unjuk kerja
c.       Bentuk       : isian singkat, essai
d.      Instrumen  :

Answer the questions based on the short messages you are listening to!
Listening Script
               Messge 1                                                       Message 2
We love you, Nindy. We missed you too. Our class is so empty and lonely without you. We hope you’ll get well soon and come back to play together with us.


Lidya and Clara
 
This is the special moment of you, Diana. Live in a great life. Be what you want to be. Happy birthday to you, my friend.
Love

Mariam
                                      
                                                               
 
                                                                       




Yudhi, I hope you have  a wonderful time in Bali. It must be very nice there. Send me a postcard when you arrive. I’ll look forward to seeing you when you come back next week.
Your friend
Dani

 
                                                                             
                   Message 3
   


Mssage 1
1.      What are Lidya and Clara feeling at the moment?
2.      What do they hope for Nindy?
3.      What’s wrong with Nindy ?
4.      What is the relation among them?
Message 2
5.      Whom is Mariam’s message for?
6.      What special moment is Diana having at the moment?
7.      What did Mariam suggest Diana to do?
Message 3
8.      Where is Yudhi now?
9.      What is he doing there?
10.  What kind of short message does Dhani send?
d.  Pedoman Penilain
1)      Jumlah skor maksimal:  10   x   3   = 30                                       
2)      Nilai maksimal  =  10
3)      Nilai Siswa  = 
e.   Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban  memuat ide yang lengkap
Jawaban memuat  ide yang cukup  lengkap
Jawaban memuat  ide yang kurang  lengkap
Jawaban salah atau tidak dijawab sama sekali
3
2
1
0


Pedoman Penilaian Kepribadian
Nama  Siswa
Dipercaya
Peduli
Tekun
Tanggungjawab
Berani
a
b
c
d
e
e
e
e
e
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
E
e
a
b
c
d
1. .........

























2. .........

























3. .........

























4. .........

























5. .........

























Keterangan :
                     a = sangat baik
                     b = baik
                     c = cukup baik
                     d = kurang baik
                     e = sangat kurang



Mengetahui
Kepala Sekolah




AHMAD TURMUZI, S.Pd.
NIP. 19710712 199512 1 003
Jerowaru, 11 Juli 2011
Guru Mata pelajaran




­­­­­­­­­­­­­­­­­SAHMAN, S.Pd.
           NIP. 19731231 200801 1 085

2 komentar:

Terima Kasih sangat membantu saya dalam pembuatan RPP.

Terima Kasih sangat membantu saya dalam pembuatan RPP.

Posting Komentar